10 Pembeli Terakhir

No. Nama Tanggal Kab Kota
1 Desyy 27-03-17 Depok
2 Ibu Kantin 24-03-17 Cirebon
3 Deddy seroja herbal 22-03-17 Bekasi
4 Dwi oko 22-03-17 Banjarmasin
5 Tiwi Latifah 21-03-17 Samarinda
6 Ida Kuswati 21-03-17 Mataram
7 Pak Yunisar 15-03-17 Banda aceh
8 Ibu Yuni 15-03-17 Jakarta
9 Tan siu ing 15-03-17 Jakarta
10 Fie Fie 14-03-17 Jakarta
* Jumlah Terjual : 20704 Botol
 

5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

16-Oct-2013

5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Sudah menjadi rahasia umum bahwa tekanan darah tinggi bisa berisiko terhadap penyakit mematikan seperti stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung. Konsumsi obat darah tinggi dari dokter, di samping bisa menurunkan tekanan darah, juga mengandung efek samping.

Tapi jangan khawatir, tekanan darah yang tinggi tak melulu harus diatasi dengan obat-obatan kimia. Terdapat 5 cara alami untuk menurunkan tekanan darah, seperti dikutip berikut ini :

1. Konsumsi Jus Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan sejenis fitonutrien, yang fungsinya untuk meperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini tentu akan berefek pada jantung yang tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah sehingga tekanan darah menjadi normal.
 
Ahli lain dari Universitas Stanford, Universitas Hawaii, University of California (UCLA), Union College of London, Universitas of Meets di Perancis juga telah mempelajari mengkudu dan setuju bahwa tanaman ini sangat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dalam banyak kasus. Untuk itu bagi anda yang memiliki masalah mengenai tekanan darah, dapat mengkonsumsi mengkudu ini sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah tekanan darah.

2. Jalan Cepat

Pasien hipertensi yang melakukan olahraga jalan dengan langkah cepat bisa menurunkan tekanan darahnya hampir 8 mmHg per 6 mmHg. Latihan fisik seperti ini membantu penggunaan oksigen di jantung lebih efisien sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Lakukan latihan seperti ini setidaknya 30 menit dalam seminggu dengan adanya peningkatan jarak dan kecepatan berjalan, maka tekanan darah dan kesehatan jantung Anda bisa terjaga.

3. Ambil Napas Dalam-dalam

Bernapas secara perlahan dan melakukan meditasi seperti qigong, yoga, dan tai chi bisa menurunkan hormon stres yaitu renin, enzim pada ginjal yang bisa meningkatkan tekanan darah.

4. Dengarkan Musik

Menurut peneliti di University of Florence, Italia, lagu-lagu yang tepat bisa membantu menurunkan tekanan darah. Mereka meminta 28 orang dewasa yang sudah minum obat hipertensi untuk mendengarkan musik klasik, Celtic, atau India selama 30 menit setiap hari sambil bernapas perlahan-lahan. Setelah satu minggu, kadar sistolik mereka turun rata-rata sebesar 3,2 poin dan sebulan kemudian kadarnya turun sebanyak 4,4 poin.

5. Batasi Asupan Garam

Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin memiliki tekanan darah yang sangat sensitif terhadap garam. "Tapi karena tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang sensitif dengan garam, maka asupan sodiumnya harus diturunkan," kata Eva Obarzanek, PhD, peneliti gizi di National Heart, Lung, and Blood Institute.

Batasan konsumsi garam yakni 1.500 mg per hari atau kurang lebih tiga per empat sendok teh. Obarzanek mengatakan sebaiknya perhatikan jumlah garam dalam makanan olahan karena dari sanalah sebagian besar garam berasal. Lebih baik bumbui makanan dengan rempah-rempah, herbal, lemon, dan campuran bumbu bebas garam.

 

 

Berita / Artikel Lainnya :