Kontak Customer Service

10 Pembeli Terakhir

No. Nama Tanggal Kab Kota
1 Pak Tonton 12-02-18 Cirebon
2 Mba Nenden 09-02-18 Cirebon
3 Toto/Titin 09-02-18 Cirebon
4 H.Dase 09-02-18 Subang
5 Daslan 08-02-18 Palembang
6 Ibu Yuni 08-02-18 Jakarta
7 Ibu Nina 06-02-18 Denpasar
8 Jessica Liyun 05-02-18 Batam
9 Rahmat 05-02-18 Cirebon
10 Eddy Susanto 02-02-18 Madura
* Jumlah Terjual : 21845 Botol
 

Mengkudu Sebagai Obat Penurun Hipertensi

26-Nov-2013

Mengkudu Sebagai Obat Penurun Hipertensi

Mengkudu terkenal sebagai tanaman obat, karena dari buah, daun sampai akarnya dapat digunakan sebagai bahan obat. Kenali mengkudu lebih jauh! Dahulu masyarakat acuh dengan tanaman mengkudu. Melihat di pekarangannya tumbuh mengkudu, lansung pohon ditebang. Umunya oran tak tahan dengan bau tak sedap dari buah mengkudu yang telah ranum. Namun, akhir-akhir ini masayakat terkesima mengetahui aneka manfaat tanaman mengkudu. Beramai-ramai orang membudidayakannya. Di pasaran buah mengkudu dijual dalam bentuk mentah, diperas maupun dibentuk sebagai pil. Mengkudu (Morinda crrifolia L) memiliki nama berbeda-beda diberbagai daerah, seprti pace (Jawa), sengkudu(Sunda), kodhuk (Madura), dan wungkudu ( Bali). Sementara nama Inggrisnya, Magic plant, sebagai penghargaan terhadap khasiatnya.

Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian, yang tumbuh didataran rendah sampai ketinggian tanah 1.500 meter diatas permukaan air laut. Tumbuhan asli Indonesia ini berkembang biak secara liar di hutan dan kebun, sehingga sangat mudah ditemukan. Batang pohonnya tidak terlalubesar, maun tingginya bisa berkisar antara 3-8 meter. Bunganya berbentuk bongkol kecil-kecil berwarna putih, sedangkan buahnya berwarna hijau, berbentuk lonjong dan bila matang berubah jadi putih kekuningan. Buah mengkudu berbiji kecil-kecil dan banyak jumlahnya.

Mengkudu terkenal sebagi tanaman obat karena buah, daun, maupun akarnya dapat digunakan sebagai bahan obat. Buahnya dimanfaatkan untuk peluruh air seni dan menurunkan tekanan darah tinggi. Daunnya untuk obat sakit perut, sebagai pencahar dan obat pemulas, sementara akarnya sebagai obat peluruh air seni dan pencahar (pelancar buang air besar) Aneka manfaat itu terkandung dalam mengkudu, yang memiliki beberapa zat berefek rarkologi, seperti anti radang, anti septic, diuretic, dan meningkatkan sirulasi darah. Namun, dari ketiga bagian dari tanam itu, yang biasa dimanfaatkan orang sebagai obat adalah buahnya, sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Cara pemakaian buah mengkudu utnuk mengatasi darah tinggi: “ambil buah mengkudu matang ( lembik dan berair), kupas. Untuk menghilangkan bau khas mengkudu, setelah dikupas, tusuk-tusuk memakai lidi, rendam 1 jam dalam air diberi sedikit garam. Setelah itu angkat mengkudu, cuci, lumat dan peras dengan kain bersih. Hasil perasan diminum sehari sekali sebanya 1/3 gelas sebelum tidur. Lakukan beberapa hari sampai tekanan darah normal. Memang, jus bisa diblender. Hanya, sisihkan bijinya dulu. Jika tidak, bijinya ikut hancur dan mengubah rasa. Jika repot, kini sudah djual mengkudu dalam bentuk minuman kesehatan.  Salah satunya yang terbaik dan sudah teruji secara klinis adalah Ultra Noni. Silahkan membuktikan!   


Bahan referensi : Majalah Kartini

 

 

Berita / Artikel Lainnya :